Cara Membedakan Onderdil Asli Dan Palsu

 
Membedakan onderdil asli dan palsu merupakan hal yang wajib dipahami oleh semua pengendara mobil maupun motor. Sebab, ada banyak onderdil palsu yang berkeliaran dengan nama merk resmi seperti Suzuki, Isuzu, Toyota, dan lainnya.

Karena palsu, maka onderdil tidak bisa bertahan lama. Ukurannya memang sesuai dengan ukuran resmi spare part yang diperlukan, tapi daya tahannya sangat lemah dan cepat rusak. Sehingga malah membahayakan jika tiba-tiba rusak waktu mobil sedang digunakan.

Daripada membeli onderdil KW dengan nama merk resmi, menurut saya lebih baik gunakan onderdil dari third party yang punya merk sendiri.

Cara Membedakan Onderdil Asli dan Palsu


Ada banyak ciri yang bisa dilihat sebagai cara membedakan onderdil asli dan palsu. Tanpa membuka bungkusnya pun sudah cukup untuk melihat apakah onderdil tersebut asli atau bukan.

Namun jika Anda masih bingung bagaimana caranya, berikut ini adalah cara melihat mana spare part asli dan palsu.

Label "Made In"

Cara pertama adalah dengan melihat label "Made In" di bungkus maupun pada bagian dari spare part tersebut.

Spare part yang asli tentu diproduksi di negara tempat perusahaan tersebut berdiri. Misalnya sparte part Toyota pasti punya label "Made in Japan", onderdil Hyundai punya label "Made in Korea", dan spare part BMW pasti berlabel "Made in Germany".

Desain dan Warna Bungkus Spare Part

Cara yang berikutnya juga bisa dilihat tanpa harus membuka bungkus onderdilnya. Tapi, cara ini akan lebih efektif jika kita punya pembandingnya menggunakan bungkus spare part asli atau pernah beli onderdil asli dan masih ingat warnanya.

Sebab, warna dari onderdil palsu tidak akan bisa sama persis dengan warna bungkus onderdil yang asli. Umumnya onderdil asli dikemas dengan warna yang lebih cerah dan tajam, sedangkan warna yang palsu lebih pudar.

Desainnya pun tidak akan sama persis. Contohnya, bentuk font tulisannya tidak sama dengan font merk aslinya.

Penulisan Tanggal

Untuk yang satu ini, hanya bisa digunakan jika mobil Anda hasil produksi Amerika, misalnya Jeep, Chevrolet, Ford, dan lainnya.

Amerika Serikat punya sistem penulisan tanggal yang beda dengan negara lain di seluruh dunia. Di sana, sistem penulisan tanggal di tulis dengan urutan Bulan/Tanggal/Tahun.

Jika onderdil yang Anda beli harusnya buatan Amerika tapi ditulis dengan sistem penulisan tanggal Tanggal/Bulan/Tahun, bisa dipastikan onderdil tersebut palsu.

Semoga artikel ini bisa membantu kita memahami cara membedakan onderdil asli dan palsu. Awas jangan sampai salah pilih agar tidak merusak kendaraan Anda.