Keuntungan Membeli Onderdil Asli / Original / Genuine

 
Tanpa tahu apa keuntungan membeli onderdil asli pun, sebenarnya semua mobil wajib menggunakan spare part asli sesuai dengan buku manual dari setiap merk mobil. Namun harga spare part genuine yang cukup mahal kadang membuat kita berpikir dua kali ketika hendak beli onderdil original.

Meskipun begitu, semua bengkel maupun montir profesional pasti menyarankan Anda untuk tidak menggunakan onderdil palsu. Sebab onderdil seperti itu bisa membahayakan dalam jangka panjang dan malah memaksa kita mengeluarkan biaya lebih banyak untuk servis bulanan.

Maka dari itu, jika Anda masih ragu beli onderdil asli, berikut ini saya punya kumpulan alasan kenapa harus mulai beralih ke spare part original.

Keuntungan Membeli Onderdil Asli


Dengan menggunakan onderdil asli, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti berikut ini.

Ada Garansi Resmi

Sebagai jaminan kualitas dan ketahanan dari tiap onderdil, selalu ada garansi resmi selama satu atau dua tahun yang disediakan oleh perusahaan pembuatnya. Sehingga jika dalam jangka waktu garansi ternyata onderdil tersebut rusak, kita bisa menggantinya dengan yang baru tanpa harus bayar lagi.

Sedangkan dengan onderdil KW, tidak ada garansi yang menjamin kualitasnya. Artinya jika spare part tersebut rusak, kita harus keluar uang dua kali untuk beli yang baru. Bahkan, beberapa asuransi mobil tidak akan meng-cover servis menggunakan onderdil tidak original meskipun di bengkel yang sudah bekerja sama.

Sudah Pasti Cocok dengan Mobil

Jika pernah membeli onderdil KW, pasti Anda pernah mengalami saat ukuran onderdil ternyata tidak cocok ketika dipasangkan di mobil. Sehingga antara mobil atau onderdil harus ada yang dimodifikasi sedikit.

Jika mobil dimodifikasi, artinya ukurannya tidak akan sesuai dengan standar spare part resmi lagi. Jadi Anda harus bergantung dengan onderdil palsu selamanya, yang mana kadang ukurannya beda-beda walaupun dari merk yang sama.

Sedangkan dengan onderdil asli, ukuran, bentuk, maupun lekukan-lekukannya selalu pas sesuai dengan onderdil yang ada telah terpasang di mobil. Karena memang spare part tersebut dibuat khusus untuk mobil yang Anda gunakan.

Sesuai dengan Spesifikasi Mobil

Bukan cuma masalah bentuk fisik, spesifikasi dari spare part juga jadi pengaruh waktu memilih antara yang original dan KW.

Spare part original dibuat khusus agar mobil bisa berjalan sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan, baik dari segi kecepatan, keringanan, dan lainnya. Oleh karena itu setelah diganti spare part, rasanya mobil jadi seperti baru lagi.

Sedangkan dengan spare part yang bukan asli, bisa jadi spesifikasinya tidak sesuai dengan standar mobil Anda. Artinya tarikan mobil bisa jadi berat, bisa juga lebih ringan, larinya bisa lebih cepat, bisa juga jadi lambat, dan semacamnya.

Tidak Akan Menurunkan Harga Jual Mobil

Keuntungan membeli onderdil asli yang terakhir ini sangat penting jika Anda peduli dengan nilai dan harga jual mobil tersebut di masa depan.

Menggunakan spare part KW akan menurunkan harga jual mobil Anda selama onderdil tersebut masih terpasang.

Sedangkan mobil dengan onderdil full original selalu punya nilai yang lebih tinggi, bahkan tidak jauh beda dengan harga barunya di tahun tersebut. Apalagi jika kondisi onderdilnya masih baru dan dirawat dengan baik.

Itulah keuntungan membeli onderdil genuine yang wajib kita sadari. Daripada membeli onderdil palsu yang harus diganti setahun dua kali, lebih baik keluar dana sedikit lebih banyak untuk beli onderdil asli yang bisa tahan bertahun-tahun dengan perawatan yang benar.
 
Newest Post