Cara Membersihkan Busi Mobil Dengan Mudah

 
Cara membersihkan busi mobil sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah. Namun kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara membuka dan melihat bagian mobil yang satu ini. Sebab tiap mobil punya konstruksi dan posisi busi yang berbeda - beda sesuai dengan model dan tahun pembuatannya.

Namun membersihkan busi mobil ini sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Sebab busi yang kotor dan dipenuhi arang sisa pembakaran akan membuat mobil sulit dinyalakan. Hal ini karena elektroda akan lebih sulit mengalir di busi kotor. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa busi dan mengerti cara membersihkan busi mobil ketika sudah kotor atau ketika mesin sudah mulai sulit dihidupkan.

Cara Membersihkan Busi Mobil Sendiri

Sebelum mulai membongkar mesin dan membersihkan busi, ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan dahulu. Seperti sikat kawat, amplas, feeler gauge (tidak wajib), dan carbon cleaner (tidak wajib). Jika semua alat sudah siap, berikutnya kita lanjutkan ke langkah - langkah cara membersihkan busi mobil sendiri.

1. Copot Busi dari Mesin

Untuk membersihkan busi, pertama - tama Anda perlu mencopotnya dari mesin. Namun seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tiap mobil punya posisi busi yang berbeda - beda. Jadi bila Anda belum tahu posisi busi mobil yang digunakan, tanyakan dahulu ke montir atau bengkel langganan Anda agar tidak terjadi kesalahan.

2. Lihat Kondisi Busi

Sebelum dibersihkan, Anda juga perlu melihat kondisi busi untuk mengetahui bagaimana pembakaran yang terjadi di dalam mobil. Bila busi berwarna coklat, artinya pembakaran terjadi dengan normal dan bensin yang digunakan sudah tepat. Jika warnanya abu - abu atau kehitaman, artinya pembakaran yang terjadi kurang sempurna. Ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel untuk diperiksakan lebih lanjut.

Selain itu, banyak juga terjadi kondisi busi basah terkena oli. Bila hal ini terjadi pada mobil Anda, artinya busi tersebut sudah tidak bisa digunakan dan dibersihkan lagi. Jadi Anda perlu menggantinya dengan spare part yang baru.

3. Bersihkan Busi Mobil Dengan Sikat kawat

Langkah berikutnya dalam cara membersihkan busi mobil adalah dengan menyikat busi menggunakan sikat kawat secara perlahan. Langkah ini dilakukan untuk membuang sisa - sisa pembakaran dan arang yang tertinggal di ujung busi.

Bagian utama yang perlu Anda sikat adalah ujung busi, tempat masa dan elektroda. Bila Anda punya cairan carbon cleaner, maka semprotkan dulu cairan tersebut sebelum disikat. Dengan begitu, kotoran di bagian elektroda busi bisa terangkat dengan lebih muda.

4. Amplas Elektroda Busi Secara Perlahan

Bila kerak - kerak di elektroda busi sudah menumpuk, Anda perlu membersihkannya menggunakan amplas. Pastikan amplas yang digunakan adalah amplas halus dan bersihkan elektrodanya secara berlahan. Bila terlalu kasar, ditakutkan busi akan menjadi aus dan mesin mobil menjadi sulit dinyalakan.

5. Set Celah Busi

Untuk langkah yang terakhir ini sebenarnya lebih baik dilakukan oleh montir profesional. Sebab dibutuhkan alat khusus yaitu feeler gauge untuk mengatur ulang celah busi. Tetapi bila Anda punya alatnya dan bisa melakukannya, maka lakukanlah pengaturan ulang pada masa busi dan elektroda sesuai dengan spesifikasi busi.

Itulah cara membersihkan busi mobil sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel. Umumnya, busi mobil harus dibersihkan setelah melakukan perjalanan sekitar 5 ribu kilometer sekali.
 
Newest Post