Bagian-Bagian Mobil Yang Wajib Anda Ketahui

 
Sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda sangat disarankan untuk memeriksa kondisi bagian-bagian mobil. Karena benda yang satu ini pasti digunakan setiap hari, cepat atau lambat kemungkinan akan mengalami masalah. Dengan memeriksa bagian mobil dahulu, diharapkan masalah bisa terdeteksi dengan cepat agar tidak menyebar ke spare part dalam mobil yang lain.

Namun sebagai orang awam, apalagi yang belajar mobil secara otodidak, mungkin Anda akan bingung bagian mesin mobil mana saja yang harus dicek. Apalagi mesin mobil terbagi menjadi banyak bagian-bagian yang sangat rumit dan sulit dimengerti orang biasa. Sehingga banyak orang lebih memilih memeriksakan bagian-bagian mobilnya langsung ke montir yang sudah profesional dan terpercaya.

Bagian-Bagian Mobil dan Fungsinya


Memeriksakan mobil ke montir memang mudah dan cepat. Namun di saat-saat tertentu, misalnya ketika baru pulang dari kampung, Anda wajib bisa mengecek bagian utama mobil untuk menghindari terjadi masalah yang tidak diinginkan di tengah jalan.

Nah bila Anda belum mengerti apa saja bagian mobil, berikut ini kami memberikan informasi bagian utama mobil dan fungsinya yang wajib di cek sebelum perjalanan jauh.

1. Mesin

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, mesin yang ada di dalam mobil terbagi menjadi beberapa bagian. Di antaranya adalah:
  • Blok silinder, silinder dan kepala silinder
  • Karter/oil pan
  • Piston, batang piston dan ring piston
  • Poros engkol
Keempat bagian ini memiliki peran masing-masing untuk memompa pembakaran dari bensin dan mengubah energi panas menjadi energi gerak. Namun karena terlalu rumit, Anda hanya perlu memeriksa bagian oli mesin dengan cara memastikan oli mesin dalam jumlah yang cukup.

2. Radiator

Bagian-bagian mobil yang wajib Anda cek berikutnya adalah radiator. Bila Anda pernah mendengar kasus mobil overheat atau temperature-nya naik, hal tersebut dikarenakan air radiatornya habis. Akhirnya, mesin mobil akan panas bila digunakan dalam jarak tempuh yang panjang.

Oleh karena itu, pastikan air radiator terisi cukup untuk perjalanan yang ingin Anda lakukan. Jangan lupa untuk membawa air cadangan berupa coolant maupun berupa air putih biasa.

3. Rem dan Kopling

Jika Anda menggunakan mobil dengan transmisi manual, kedua bagian dalam mobil yang satu ini sangat penting untuk Anda periksa. Sebab sudah pasti, rem berguna untuk memberhentikan mobil dan kopling berguna untuk memindahkan transmisi.

Bagian yang diperiksa sendiri dalam rem mobil adalah minyak rem. Bila minyak rem ini mulai kotor, kerja dari rem mobil juga akan berkurang. Hal yang sama pun akan terjadi pada kopling.

4. Tekanan Udara Ban

Tekanan udara ban harus dipastikan dalam kondisi yang tepat. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Bila tekanan udara kurang, ban mobil bisa menjadi tidak seimbang dan oleng. Sedangkan bila terlalu tinggi, ban bisa mendadak pecah ketika digunakan. Memeriksa tekanan ban biasanya bisa digunakan dengan alat khusus yang tersedia di toko aksesoris dan peralatan mobil.

5. Lampu

Jangan lupa, lampu juga menjadi salah satu bagian-bagian mobil yang sangat penting dan tidak boleh luput dari pemeriksaan. Hal ini termasuk semua jenis penerangan maupun lampu indikator tanda belok (sen), lampu depan dan belakang, fog lamp dan lain-lain.

Usahakan juga untuk menggunakan lampu yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Jangan gunakan lampu depan yang terlalu terang karena bisa mengganggu pengguna jalan yang lain.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian mobil dan fungsinya yang wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Bila ada indikasi mobil akan bermasalah, usahakan untuk memperbaiki dulu bagian yang rusak agar tidak terjadi kendala di tengah jalan.
 
Newest Post