Bagian-Bagian Mesin Mobil Yang Wajib Diketahui Pemilik Kendaraan

 
Mengetahui bagian-bagian mesin mobil mungkin tidak wajib dipelajari oleh para pemilik kendaraan ini. Namun bila Anda mempelajari tentang bagian utama di dalam mobil, hal tersebut bisa mempermudah ketika mobil mengalami kendala parah. Sehingga Anda tidak akan ditipu oleh oknum montir yang terkadang suka melebih-lebihkan ketika memeriksa kerusakan mobil.

Secara umum, tiap mobil terdiri dari mesin yang sama. Namun beda jenis mobil artinya beda pula jenis ukuran dan jenis yang digunakan. Namun bagian-bagian utamanya secara garis besar masih sama. Nah teruntuk Anda yang ingin mempelajar tentang bagian-bagian mesin mobil lebih lanjut, kami akan menjelaskannya dalam artikel berikut ini.

Bagian-Bagian Mesin Mobil yang Utama


Secara umum, bagian mesin utama mobil dibagi menjadi 8 spare part. Yaitu blok silinder, silinder, kepala silinder, karter, batang piston, torak piston, poros engkel dan ring piston. Berikut ini adalah penjelasan untuk setiap bagiannya.

1. Blok Silinder

Bagian pertama dan paling utama dalam mesin mobil adalah blok silinder. Bisa dibilang, bagian blok silinder ini adalah rumah dari semua komponen lain dalam mesin mobil. Blok silinder menjadi tempat silinder dan mekanisme engkol bekerja.

Selain itu, blok silinder juga terdiri dari silinder-silinder kecil yang di dalamnya terdapat piston. Sederhananya, blok silinder ini adalah tempat untuk menyimpan tabung silinder yang bekerja untuk menggerakan kendaraan roda empat ini.

2. Silinder

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, silinder atau tabung silinder adalah bagian mesin mobil yang berfungsi untuk menggerakan mobil itu sendiri. Penjelasan sederhananya, tabung silinder ini akan mengubah energi panas menjadi energi gerak dengan menggunakan bahan bakar bensin.

Silinder disusun di blok silinder dengan sejajar sesuai dengan slot yang tersedia. Tiap mobil juga memiliki ukuran dan jumlah silinder yang berbeda-beda.

3. Kepala Silinder

Berikutnya ada kepala silinder, bagian dalam mobil yang masih ditempatkan di blok silinder. Umumnya, bagian yang satu ini terbuat dari besi dan alumunium. Kepala silinder berguna sebagai tempat pembakaran yang dilakukan oleh tabung silinder.

4. Karter

Bagian mesin mobil yang berikutnya adalah karter atau oil pan. Sesuai dengan namanya, oil pan adalah tempat menyimpan oli yang akan melumasi semua bagian yang berhubungan dengan blok mesin. Sehingga tiap komponennya bisa tetap bekerja tanpa kendala.

5. Batang Piston

Batang piston adalah komponen penghubung antara piston dan dengan poros engkol. Bisa dibilang, bagian yang satu ini adalah media perpindahan dari energi panas ke energi gerak.

6. Piston

Bagian mesin mobil berikutnya ada piston. Energi panas dihasilkan oleh silinder sebelumnya, akan dipindahkan menjadi energi gerak di piston ini. Piston akan bergerak naik turun untuk menggerakan empat roda pada mobil. Jadi dapat dikatakan, piston inilah yang bisa membuat mobil berjalan.

7. Poros Engkol

Poros engkol adalah komponen dalam mesin mobil yang menjadi mengalirkan energi gerak dari piston ke roda mobil. Selain itu, poros engkol ini juga berfungsi untuk memastikan piston bergerak sesuai aturannya.

8. Ring Piston

Dan bagian di dalam mesin mobil yang terakhir adalah ring piston. Komponen yang satu ini bekerja agar piston bisa tetap menempel dengan blok silinder. Sehingga tidak terjadi kebocoran pada mesin mobil ketika digunakan.

Itulah bagian-bagian mesin mobil yang paling utama beserta penjelasannya. Untuk Anda yang baru belajar, mungkin semua bagian ini terlihat rumit. Namun cara kerja mobil sebenarnya tidak serumit yang banyak orang pikirkan.