Pribadi Terbaru:

Saya akan membagikan kebiasaan Saya ketika menambah postingan blog. Saya bukan memberikan tutorial, hanya cara-cara yang Saya lakukan itu sebuah kebiasaan, semoga bisa bermanfaat.

Sebelum membuat tulisan sampai sesudah memposting tulisan menurut Saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, lengkapnya akan Saya jelaskan di bawah ini.

Sebelum Memposting Di Blog

  • Menulis apa saja ketika ada ide di dalam "Notepad ++" atau sebuah note di smartphone. Saya tidak suka menulis di Microsoft Office Word karena software tersebut membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Saya membutuhkan file yang kecil karena nantinya tulisan-tulisan yang sudah diposting akan Saya simpan sebagai data cadangan.
  • Saat menulis Saya lebih suka menggunakan Bahasa Indonesia dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tidak ada kata Bro, Lo, Gue, dan kata-kata lain dalam bentuk yang tidak baku. Dalam membuat blog ini Saya berniat akan belajar menulis, maka dari itu mulai menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika memang ada kata-kata yang tidak baku dan kesalahan penulisan lainnya kemungkinan itu sebuah ketidaksengajaan Saya saja.
  • Mempersiapkan sumber-sumber data terlebih dahulu sebelum menulis, semacam riset. Saya mencoba apa yang sudah Saya tulis bisa dipertanggungjawabkan, bukan hoax. Jika memang membutuhkan gambar biasanya Saya mempersiapkan dulu gambar apa yang cocok dan sesuai tema tulisan. Tetapi Saya lebih suka dengan postingan yang tidak bergambar.

Saat Memposting Di Blog

  • Mode penulisan di blog menggunakan mode HTML. Tulisan yang akan diposting adalah hasil dari simpanan Saya dalam format ".xml", karena di "Notepad ++" format tersebut tag-tag html terlihat berbeda dan memudahkan dalam mengatur komposisi sebuah postingan.
  • Jika dalam postingan ada alamat link/url atau gambar Saya menambahkan tag "alt" dan "title".
  • Selalu Saya preview dan baca ulang terlebih dahulu sebelum posting.

Sesudah Memposting Di Blog

Itulah penjelasan lengkap tentang kebiasaan Saya ketika menambah postingan blog. Menurut Saya mudah karena sudah terbiasa, bahkan alamat-alamat tool tersebut sudah ada di luar kepala alias lupa tidak ingat, ha ha ha.
 
Diposkan oleh:

Artikel Terkait