Pada kenyataannya setiap manusia itu programmer. Semua manusia yang ada di bumi adalah progammer untuk sebuah program yang disebut "HIDUP". Program dimulai dari lahir sampai nafas terakhir dihembuskan. Ketika manusia sudah mati maka akan ada program lain yang sedang bekerja.

Dalam membuat program diperlukan variabel-variabel yang akan memiliki tujuan ketika variabel tersebut dibuat. Jumlah dan jenis variabel yang digunakan programmer akan berbeda disetiap program yang dibuatnya.

Seorang progammer yang membuat "variabel A" di dalam hidupnya, tentu akan mencari cara bagaimana variabel tersebut akan berfungsi. Cara yang digunakan sulit bahkan sampai membuat program itu sendiri eror. Stres, frustasi bahkan bisa sampai membuat drop dan kehilangan semangat dalam menyelesaikan program yang sedang dikerjakan. Padahal bisa saja menghapus "variabel A" tersebut dan mengganti dengan variabel yang lain.

Seorang programmer yang hanya membutuhkan variabel "A,B,C dan D", jangan dipaksakan untuk menggunakan variabel "A,B,C,D,E,F dan seterusnya sampai Z". Ketika hal itu dipaksakan maka akan percuma dan hanya memenuhi memori saja. Banyaknya variabel yang digunakan maka akan semakin banyak pula masalah-masalah yang akan muncul.

Saya tidak peduli jika ada programmer yang bisa menggunakan banyak variabel. Karena Saya yakin mereka tahu resiko yang akan ditanggung itu sangat sulit, sesulit mencari huruf titik koma (;) yang bikin eror di dalam sebuah program. Sekian.
 
Diposkan oleh:

Artikel Terkait